music mY bl0g

Jumat, 04 Juni 2010

Study Visit ke Kantor Berita ANTARA

Kami Berangkat Pukul 10.00 tepatnya, sesegera kami berjalan dari kampus menuju stasiun bogor, namun kami terlambat , kereta AC Ekonomi nya sudah berangkat sekitar beberapa menit yang lalu, kami terpaksa memilih Ekonomi walaupun Panas dan Sebagainya. Di Jalan, duh namanya masih kanak-kanak kali ya belum kebawa dunia Mahasiswa, tingkah lakunya masih kanak-kanak kalo naik kereta tuh, atau mungkin karena untuk menghangatkan suasana aja biar ga boring, akhirnya kami berbicara di tengah2 keramaian begitu lantangnya, sampai mengganggu keheningan di kereta tersebut.
Sesampainya di Jakarta , Karena Berkeringat dan sangat capai berdiri sekitar 2 jam di Kereta, akhirnya kami berhenti sejenak di Halte busway, niat untuk menghela nafas sejenak. setelah itu, beberapa lama kemudian kami pun melanjutkan perjalanan mengendarai busway transJakarta. Ih Emang dasar Sita ya Bawaannya PELOR weh PELOR. di Kereta Diam Orang-orang mah ngobrol makan2, dia mah bobo sambil berdiri, sekarang, lebih enak kali ya di Busway , sambil duduk langsung PELOR deh "alias NEMPEL Molor" hahahaha ALAY ya.
Tidak Lama Kemudian Sampailah kami di Halte Bus Deket Kantor Berita Antara. tp kami harus menyebrangi jembatan Penyebrangan dolo, huft lumayan tinggi juga Jembatan di Jakarta tuh, makin cape deh. setelah menyebrangi, Mr. Menakut2ti kami dengan menanyakan apakah kami membawa KTP atau KTM. untung kami bawa itu semua, tapi, dasar sita dan Lily, pikirannya masih kanak-kanak, mereka berdua ga membawanya.huft, Mr. BErkata kalau ga membawa kartu identitas bisa bahaya, apalagi di Jakarta. Huft untung cuma gertakan walaupun itu emang bener.
Setelah lama berbicara di Jalan, sampailah kami pun di depan Kantor Berita ANTARA, Orang" nya ramah2 dan Baik Hati, walaupun penjagaannya sangat ketat. kami pun diantarnya ke ruang Meeting bersama sesuai perjanjian kami bersama pihak ANTARA. tepatnya di lantai 19.dalam meeting semua bertanya tentang ANTARA.kami juga disuguhi makanan yang memang begitu enak sekali, risol yang isinya telor dan sosis, dan selai. aneh kan. tapi emang ada, besarnya 3kali lipat risol biasa, kemudian roti2 deh. Duh, kenyangnya.
eh iya disini juga ada anak MI 1 orang, mungkin dia bete dan kami ajak ikut akhirnya dia Ikut, namanya si Sarah Ayu Annisa yang kata anak2 sih cantik dan tercantik di kampus, hehe canda kami dengan anak itu sebagai pengganti Vero menjadi Sekretaris Mr. Anthoni, haha melihat muka Vero langsung kesel kayaknya, tapi untung becanda.
Setalh itu, kami pun mulai bertour di dalam kantor berita ANTARA, masuk ke setiap ruangan, ada bagian administratif, pengumpulan berita, bagian Tack Gambar, Bagian Translate NEws dan lainnya, ternyata ga jauh beda sama station TV lainnya cuma bedanya, disini lebih difokuskan pengumpulan /berita dan Film yang dibuat adalah Dokumenter. huw, Seru juga ya.
Setelah itu kami Kembali ke lantai 19 untuk mengambil gambar di depan Palang ANTARA. hehehehe...untung ga narsis jadi bikin image baik buat AKADEMI kami. setelah dari situ kami Pergi menuju Pameran Gallery ANTARA yang ada di wilayah Jakarta juga, aku lupa namanya yang jelas deket station juanda, kami naik bis dengan harga 2ribu rupiah saja , ternyata di jakarta ada juga ya yang murah.
Sesampainya disana, wuh gila . ga nyangka lukisannya men, keren2 abis deh, memang kalo dilihat sekilas seperti lukisan biasa yang cuma kebetulan keambil dan kesalahan pengambilan gambar, tapi ternyata mengandung seni dan hasilnya keren-keren beeeuuudddd. Kami pun menuju lantai 2. ups lupa, sebelum lantai 2 kami berfoto2 ria disini , ga boleh narsis juga loh. huft bete, tapi t apalah. setelah itu kami masuk ke lantai 2, disana disimpan komik ukuran besar mengani Proklamasi, kemudian Sepeda zaman dahulu, kemudian Typewriter dari Buatan Pertama hngga Kini, dan sebagainya yang berhubungan dengan Pemberitaan.
karena jam menunjukan pukul 2, ya terpaksa kita pulang, menuju Stasiun JUANDA, disana ternyata hanya tersedia tinggal Ekonomi yang terjangkau oleh kami, yasudahlah kami Memilih Ekonomi, awalnya kami harus berjalan ke jakarta kota dulu, di dalam terasa enak sekali sedikit orangnya, tapi setelah menuju bogor, huft, sungguh penuh sekali tuh kereta, sampai ada yang pingsan, sampai kami pun yang duduk ga bisa bergerak , gila mandi keringat dan hujan keringat dari orang2. ini pengalaman yang gila banget deh....
tapi emang dasar seninya kereta api, untung tinggal 4 stasiun lagi, aku mengalah sama yang pingsan itu. aku berdiri, enak juga ya brdiri.
akhirnya sampai. udah ah cape...ga lama aku pulang di rumah langsung tepar jam 9 malam...
Dadah sampai jumpa di acara aku berikutnya.


CU



Senin, 31 Mei 2010

Public Relations

A.SeJarah PR di Indonesia

Alwi Dahlan pada konvensi Humas tahun 1944, Sejarah Humas di Indonesia sejak tanggal 18 Agustus 1945 ketika Bung Karno memutuskan menunda siding PPPKI ketika memberikan keterangan Pers mengenai pemilihan Presiden sebelum merumuskan UUD. Menurut M. Linggar : Praktik Humas sudah ada sejak zaman Mataram atau Sejak Panembahan senopati mengumumkan bahwa ia dan keturunannya merupakan pasangan dan mendapatkan lindungan dari Ratu Pantai Selatan, hal ini dibuat untuk menyaingi adipati-adipati pantai utara yang lebih bisa mendapat restu Para Wali.
Tapi Kita sepakat dalam keotentikan sejarah maka Humas Otentik sejak proklamasi 17 Agustus 1945, proyek mercusuar membentuk citra dengan adanya Radio Republik Indonesia dan TVRI. Dalam perkembangannya ada DEPPEN, Setneg, Jubir, DEPKOMINFO dan lain-lain. Di era modern maka Banyak orang meminta bantuan kepada PR Consultants Contoh John Hopkins, Inscore Adcom dll.

B.Humas dan Opini Publik

Pengertian/Difinisi Humas (PR)

1.Hubungan masyarakat atau Public Relations adalah suatu usaha yang sengaja dilakukan, direncanakan secara berkesinambungan untuk menciptakan saling Pengertian antara sebuah lembaga/institusi dengan masyarakat.
2.Humas (PR) adalah sebuah seni sekaligus ilmu sosial dalam menganalisa kecenderungan, meramalkan konsekuensinya, memberikan pengarahan kepada pimpinan institusi/lembaga dan melaksanakan program-program terencana yang dapat memenuhi kepentingan baik institusi maupun lembaga tersebut maupun masyarakat yang terkait.
Pada hakekatnya makna dari "hubungan masyarakat" (humas, kehumasan, public relations) adalah prilaku atau sikap untuk menjadi tetangga dan warga yang baik (to be a good neighbour and citizen).
Pengertian PR menurut British Institute of Public Relation (IPR) :
“ Public relations practice is the planned and sustained effort to established and maintain goodwill and mutual understanding between an organization and the public interest.
Pengertian PR menurut Roy Blumenthal “PR adalah Seni membina pribadi seseorang, hingga taraf yang mampu dimana ia bisa menghadapi keadaan darurat kehidupan termasuk psikologi, bisnis, Lembaga, pemerintah, baik yang menguntungkan ataupun tidak “.
"Public Relations merupakan fungsi manajemen yang menilai sikap publik, mengidentifikasikan kebijaksanaan dan tata cara seseorang atau organisasi demi kepentingan publik, serta merencanakan dan melakukan suatu program kegiatan untuk meraih pengertian, pemahaman, dan dukungan dari publiknya" (Scott M. Cutlip dan Allen H. Center " Efektif Public Relations", 1982).
Dalam arti luas HR berarti komunikasi yang persuasif yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain secara tatap muka dalam segala situasi dan dalam semua bidang kehidupan sehingga menimbulkan kepuasan kedua belah pihak. Jadi sesuai dengan prinsip Win-Win yang diajarkan oleh Steven Covey pada Seven Habits.
Dalam arti sempit penekanan HR pada situasi kerja atau dalam bidang organisasi (kelompok) bertujuan menggugah kegairahan dan kegiatan bekerja, kerja sama yang produktif yang diwarnai dengan rasa bahagia dan puas hati. Normat R.F. Meier mengemukakan: "HR dapat berfungsi untuk menghilangkan rintangan-rintangan komunikasi, mencegah salah pengertian dan mengembangkan segi konstruktif sifat manusia".

•Tujuan Humas
Menurut Dra. Mardiyani F. Kuncoro (alumnus jurusan Komunikasi Universitas Indonesia, pengajar Komunikasi Bisnis/pemasaran dan Account Manager pada Kiat Komunika, Marketing Communication Agency) dalam makalahnya yang berjudul "Introduction to Public Relations", tujuan yang ingin dicapai dalam pekerjaan kehumasan tergolong dua golongan besar yaitu:
A. Komunikasi Internal (personil/anggota institusi)
1. Memberikan informasi sebanyak dan sejelas mungkin mengenai institusi.
2. Menciptakan kesadaran personil mengenai peran institusi dalam masyarakat.
3. Menyediakan sarana untuk memperoleh umpan balik dari anggotanya.

B. Komunikasi Eksternal (masyarakat)
1. Informasi yang benar dan wajar mengenai institusi.
2. Kesadaran mengenai peran institusi dalam tata kehidupan umumnya dan pendidikan khususnya.
3. Motivasi untuk menyampaikan umpan balik.
Maksud dan tujuan yang terpenting dari PR adalah mencapai saling pengertian sebagai obyektif utama. Pujian citra yang baik dan opini yang mendukung bukan kita yang menentukan tetapi feed back yang kita harapkan. Obyektif atau tujuan PR yaitu “Pengertian". "The object of PR is not the achievement of a favourable image, a favourable climate of opinion, or favourable by the media". PR is about achieving an UNDERSTANDING.
Tujuan utama penciptaanp engertian adalah mengubah hal negatif yang diproyeksikan masyarakat menjadi hal yang positif. Biasanya dari hal-hal yang negatif terpancar: hostility, prejudice, apathy, ignorance. Sedangkan melalui pengertian kita berusaha merubahnya menjadi: sympathy, acceptance, interest dan knowledge.
Penelitian yang diadakan oleh International Public Relations Association (IPRA) pada tahun 1981 menyimpulkan bahwa pada umumnya fungsi PR/humas masa kini meliputi 15 pokok yaitu:
1. Memberi konseling yang didasari pemahaman masalah prilaku manusia.
2. Membuat analisis "trend" masa depan dan ramalan akan akibat-akibatnya bagi institusi.
3. Melakukan riset pendapat, sikap dan harapan masyarakat terhadap institusi serta memberi saran tindakan-tindakan yang diperlukan institusi untuk mengatasinya.
4. Menciptakan dan membina komunikasi dua-arah berlandaskan kebenaran dan informasi yang utuh.
5. Mencegah konflik dan salah pengertian
6. Meningkatkan rasa saling hormat dan rasa tanggung jawab sosial.
7. Melakukan penyerasian kepentingan institusi terhadap kepentingan umum.
8. Meningkatkan itikat baik institusi terhadap anggota, pemasok dan konsumen.
9. Memperbaiki hubungan industrial.
10. Menarik calon tenaga yang baik agar menjadi anggota serta mengurangi keinginan anggota untuk keluar dari institusi.
11. Memasyarakatkan produk atau layanan.
12. Mengusahakan perolehan laba yang maksimal.
13. Menciptakan jadi diri institusi.
14. Memupuk minat mengenai masalah-masalah nasional maupun internasional.
15. Meningkatkan pengertian mengenai demokrasi.
• Jenis Pekerjaan PR
Dra. Mardiyani F. Kuncoro dalam makalahnya yang berjudul "Introduction to Public Relations" juga menuliskan jenis pekerjaan PR ada 19 macam, diantaranya yaitu:
1. Writing (articles, pamphlets, press release)
2. Print production/distribution/promotion
3. Film or audio-visual production
4. Exhibition and displays production
5. Advertising
6. Hubungan komunikasi dengan media, radio, TV
7. Konfrensi dan Pertemuan Publik
8. Hubungan Parlementer
9. Hubungan dengan pemerintah
10. Hubungan dengan kelompok interest tertentu
11. Hubungan dengan industri dan komersial
12. Hubungan komunitas
13. Hubungan internasional
14. Hubungan dengan pekerja
15. Hubungan dengan donatur
16. Survey atau penelitian ummat
17. Komunikasi dari publik ke kinerja organisasi
18. Merencanakan, menganggar and mengatur program kerja PR
19. Formulasi kebijakan PR
20. Yang paling modern yaitu Teknologi Informasi seperti internet, intranet, e-mail, homepage (berandawarta), FTP, IRC, DLL.
Kesalahan umum yang terjadi adalah program humas dianggap sebagai program jangka pendek, dan program penanggulangan reaktif saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kala hubungan dengan masyarakat menjadi buruk.
Pengertian Opini Publik
Menurut Cultip dan Center dalam sastropoetro (1987), opini adalah suatu ekspresi tentang sikap mengenai suatu masalah yang bersifat kontroversial. Opini timbul sebagai hasil pembicaraan tentang masalah yang kontroversial, yang menimbulkan pendapat yang berbeda-beda. Dimana opini tersebut berasal dari opini-opini individual yang diungkapkan oleh para anggota sebuah kelompok yang pandangannya bergantung pada pengaruh-pengaruh yang dilancarkan kelompok itu.
Opini-opini individual tersebut kemudian dikenal dengan istilah opini publik. Karena Opini Publik terbentuk dari intregasi “personal opinion” banyak orang, maka Opini Publik cenderung telah bermukim pada suatu masyarakat yang melembaga, yang telah lengkap dengan mekanisme kepemimpinan maupun pengawasan komunikasi. Dengan kata lain Opini dan Opini Publik dilihat oleh Bogardus secara lembaga sentries dan liberal.
Leonard W. Doob yang sering dikutip oleh para ahli, mengemukakan : “..Publik opinion refrs to people’s attitudes on an issue when they are members of the same sosial group”.
Doob disini memberi tekanan kepada sikap (“attitude”) sebagai sesuatu yang bernilai psikologis terhadap sesuatu isyu, manakala mereka (dalam arti “people”) menjadi anggota dari kelompok sosial yang sama. Lalu Doob mempertanyakan, kelompok mana yang terlibat, isyu yang mana yang terlibat dan mengapa masyarakat memberi respon terhadap isyu tersebut.
Seperti ilmu sosial lainnya, definisi opini publik (pendapat umum) sulit untuk dirumuskan secara lengkap dan utuh. Ada berbagai definisi yang muncul, tergantung dari sisi mana kita melihatnya :
Ditinjau dari Ilmu Sosiologi, opini publik diartikan sebagai kekuatan yang ada dalam masyarakat (William G. Summer). Di sini kekuatan bukan berasal dari pendapat perorangan, melainkan norma atau mitos yang ada dalam masyarakat. Definisi ini menjelaskan bahwa jika suatu pendapat dianut oleh banyak orang, maka diasumsikan bahwa pendapat itu benar.
Ilmu Komunikasi mendefinisikan opini publik sebagai pertukaran informasi yang membentuk sikap, menentukan isu dalam masyarakat dan dinyatakan secara terbuka. Opini publik sebagai komunikasi mengenai soal-soal tertentu yang jika dibawakan dalam bentuk atau cara tertentu kepada orang tertentu akan membawa efek tertentu pula (Bernard Berelson).
Sementara Ilmu Psikologi mendefinisikan opini publik sebagai hasil dari sikap sekumpulan orang yang memperlihatkan reaksi yang sama terhadap rangsangan yang sama dari luar (Leonard W. Doob)
Opini publik memiliki karakteristik sebagai berikut :
1. dibuat berdasarkan fakta, bukan kata-kata
2. dapat merupakan reaksi terhadap masalah tertentu, dan reaksi itu diungkapkan
3. masalah tersebut disepakati untuk dipecahkan
4. dapat dikombinasikan dengan kepentingan pribadi
5. yang menjadi opini publik hanya pendapat dari mayoritas anggota masyarakat
6. opini publik membuka kemungkinan adanya tanggapan
7. partisipasi anggota masyarakat sebatas kepentingan mereka, terutama yang terancam.
8. memungkinkan adanya kontra-opini.
2. Proses Pembentukan Opini Publik
Proses terbentuknya opini publik melalui beberapa tahapan yang menurut Cutlip dan Center ada empat tahap, yaitu :
1. Ada masalah yang perlu dipecahkan sehingga orang mencari alternatif pemecahan.
2. Munculnya beberapa alternatif memungkinkan terjadinya diskusi untuk memilih alternatif
3. Dalam diskusi diambil keputusan yang melahirkan kesadaran kelompok.
4. Untuk melaksanakan keputusan, disusunlah program yang memerlukan dukungan yang lebih luas.
Selain itu, opini publik muncul karena adanya isu yang kontroversial. George Carslake Thompson mengemukakan bahwa publik tertentu yang menghadapi isu yang kontroversial dapat mengeluarkan reaksi yang berbeda-beda sehingga menimbulkan kondisi yang juga berlainan. Perbedaan itu disebabkan oleh tiga hal, yaitu :
1. Perbedaan pandangan terhadap fakta.
2. Perbedaan perkiraan tentang cara mencapai tujuan.
3. Perbedaan motif yang serupa guna mencapai tujuan.
Erikson, Lutberg dan Tedin mengemukakan adanya empat tahap terbentuknya opini publik :
1. Muncul isu yang dirasakan sangat relevan bagi kehidupan orang banyak
2. Isu tersebut relatif baru hingga memunculkan kekaburan standar penilaian atau standar ganda.
3. Ada opinion leaders (tokoh pembentuk opini) yang juga tertarik dengan isu tersebut, seperti politisi atau akademisi
4. Mendapat perhatian pers hingga informasi dan reaksi terhadap isu tersebut diketahui khalayak.
Seorang sosiolog dan ahli komunikasi Jerman, Ferdinand Tonnies, juga mengemukakan tiga tahap pembentukan opini publik berikut ini :
1. Luftartigen Position, yaitu posisi bagaikan angin yang merupakan tahap masukan yang masih semrawut.
2. Fleissigen Position, yaitu tahap pembicaraan yang mulai terarah untuk membentuk pikiran yang jelas dan menyatu. Pada tahap ini isu bisa disetujui bisa juga tidak.
3. Festigen Position, yaitu tahap yang dapat menyatukan pendapat anggota kelompok dari tahap-tahap sebelumnya.
Opini publik sudah terbentuk jika pendapat yang semula dipertentangkan sudah tidak lagi dipersoalkan. Dalam hal ini tidak berarti bahwa opini publik merupakan hasil kesepakatan mutlak atau suara mayoritas setuju, karena kepada para anggota diskusi memang sama sekali tidak dimintakan pernyataan setuju. Opini publik terbentuk jika dalam diskusi tidak ada lagi yang menentang pendapat akhir karena sudah berhasil diyakinkan atau mungkin karena argumentasi untuk menolak sudah habis.
Berdasarkan terbentuknya opini publik, kita mengenal opini publik yang murni. Opini publik murni adalah opini publik yang lahir dari reaksi masyarakat atas suatu masalah (isu). Sedangkan opini publik yang tidak murni dapat berupa :
1. Manipulated Public Opinion, yaitu opini publik yang dimanipulasikan atau dipermainkan dengan cerdik
2. Planned Public Opinion, yaitu opini yang direncanakan
3. Intended Public Opinion, yaitu opini yang dikehendaki
4. Programmed Public Opinion, yaitu opini yang diprogramkan
5. Desired Public Opinion, yaitu opini yang diinginkan
3. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Opini Publik
Opini publik dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya :
 Pendidikan
Pendidikan, baik formal maupun non formal, banyak mempengaruhi dan membentuk persepsi seseorang. Orang berpendidikan cukup, memiliki sikap yang lebih mandiri ketimbang kelompok yang kurang berpendidikan. Yang terakhir cenderung mengikut.
 Kondisi Sosial
Masyarakat yang terdiri dari kelompok tertutup akan memiliki pendapat yang lebih sempit daripada kelompok masyarakat terbuka. Dalam masyarakat tertutup, komunikasi dengan luar sulit dilakukan.
 Kondisi Ekonomi
Masyarakat yang kebutuhan minimumnya terpenuhi dan masalah survive bukan lagi merupakan bahaya yang mengancam, adalah masyarakat yang tenang dan demokratis.
 Ideologi
Ideologi adalah hasil kristalisasi nilai yang ada dalam masyarakat. Ia juga merupakan pemikiran khas suatu kelompok. Karena titik tolaknya adalah kepentingan ego, maka ideologi cenderung mengarah pada egoisme atau kelompokisme.
 Organisasi
Dalam organisasi orang berinteraksi dengan orang lain dengan berbagai ragam kepentingan. Dalam organisasi orang dapat menyalurkan pendapat dan keinginannya. Karena dalam kelompok ini orang cenderung bersedia menyamakan pendapatnya, maka pendapat umum mudah terbentuk.
 Media Massa
Persepsi masyarakat dapat dibentuk oleh media massa. Media massa dapat membentuk pendapat umum dengan cara pemberitaan yang sensasional dan berkesinambungan.
4. Hukum Pembentukan Opini Publik
Leonard Doob mengidentifikasikan ciri-ciri sikap yang dimiliki rakyat. Ia mendasarkan kesimpulan ini berdasarkan hasil penelitian pada polling tahun 1939-1941 di Amerika Serikat. Hukum yang dirumuskan dari jalan pikiran Hadley Cantrill ini, masih sangat relevan untuk diketengahkan pada masa sekarang ini.
1. Pendapat bisa sangat sensitif terhadap beberapa masalah
2. Kejadian luar biasa dapat membuat orang berubah pendapat dari ekstrim yang satu ke ekstrim yang lain.
3. Pendapat lebih banyak dipengaruhi oleh kejadian daripada kata-kata.
4. Pernyataan yang diberikan secara lisan akan mempunyai pengaruh jika opini masih samar-samar.
5. Pendapat umum tidak bersifat menghindari masalah, tapi memberikan reaksi.
6. Suatu pendapat biasanya dikombinasikan dengan kepentingan pribadi.
7. Jika kepentingan pribadi ikut terlibat, maka pendapat yang bersangkutan akan sukar diubah.
8. Partisipasi pendapat muncul jika kepentingan pribadi terancam.
9. Jika kepentingan pribadi terlibat, maka (dalam masyarakat demokratis) pendapat umum mendahului sikap resmi pemerintah.
10. Jika suatu pendapat (meski didukung mayoritas kecil) tidak didukung oleh kenyataan, maka pendapat umum mudah berubah.
11. Pada saat masyarakat mengalami krisis, mereka akan loyal dan bersedia menderita jika mereka masih memiliki kepercayaan kepada pimpinannya. Tapi begitu kepercayaan tidak ada lagi, maka toleransi pun hilang.
12. Pendapat umum akan lebih toleran terhadap kritik atas dirinya jika mereka merasa dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan.
13. Orang akan mempunyai lebih banyak pendapat tentang tujuan suatu tindakan ketimbang cara mencapai tujuan.
14. Jika suatu pendapat umum lebih dipengaruhi oleh keinginan daripada volume informasi, maka ia akan mudah berubah.
15. Dalam masyarakat yang demokratis, pendapat umum sangat ditentukan oleh tingkat pendidikan dan volume informasi.
16. Dimensi psikologis dalam suatu opini mempunyai peranan penting dalam hal pengarahan, intensitas dan kedalaman.
17. Walaupun pendapat umum selalu bersesuaian, banyak hal yang tidak bersesuaian akan lebih jelas kebenarannya apabila cara berpikir diteliti dan prinsip-prinsip penilaian telah ditemukan da daripadanya opini khusus tersimpulkan.
B. PELIPUTAN ASPIRASI MASYARAKAT
Dalam sistem komunikasi politik tidak akan terlepas dari dua suasana kehidupan komunikasi yang berada pada pemerintahan dan pada masyarakat. Suasana kehidupan pemerintah dikenal dengan Suprastruktur politik dan suasana kehidupan politik di masyarakat dikenal dengan Infrastruktur politik. Kedua suasana ini mempunyai hubungan saling mempengaruhi.
Suprastruktur politik menjalankan komunikasi politik melalui jalur resmi. Sedangkan Infrastruktur politik secara generik dikualifikasikan kedalam beberapa kelompok, yaitu :
1. partai politik
2. kelompok kepentingan
3. kelompok penekan
4. sarana komunikasi politik yaitu media massa
5. tokoh politik.
Secara tidak langsung kelompok-kelompok ini berpotensi mempengaruhi keabsahan suprastruktur, mereka dapat mempengaruhi kebijaksanaan yang terkait dengan kehidupan masyarakat dan Negara. Kelompok ini juga selalu menginginkan aspirasi, ide dan cita-cita mereka untuk dijadikan sebagai bagian dari kebijaksanaan suprastruktur politik dalam hal ini kebijaksanaan pemerintah.
Dalam konteks politik dan pemerintahan, aspirasi masyarakat diartikan sebagai kehendak masyarakat. Berdasarkan kepentingan dan kebutuhan, aspirasi masyarakat dapat berbentuk aspirasi ekonomi, politik, pemerintahan, pembangunan, hukum, pertahanan dan keamanan, keadilan dan lain-lain.
Berdasarkan subyeknya, aspirasi masyarakat dapat dikelompokkan sebagai aspirasi individu, keluarga, kelompok, partai, organisasi, paguyuban dan aspirasi masyarakat (rakyat).
Cara mengungkapkan aspirasi masyarakat dapat dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Pengungkapan aspirasi secara langsung dapat dilakukan melalui tatap muka, tertulis (saran, usul, kritikan, pernyataan) atau gerakan masyarakat (demonstrasi, unjuk rasa, rapat umum). Sedangkan pengungkapan secara tidak langsung dapat dilakukan dengan pernyataan pendapat melalui media massa (cetak, elektronik), selebaran, spanduk dan lain- lain.
Proses peliputan aspirasi masyarakat dilakukan melalui tahapan berikut :
1. Mengidentifikasi masalah
2. Membandingkan antara identifikasi dengan kebijakan, pelayanan dan hasil penyelenggaraan pemerintahan.
3. Menentukan sikap tentang perlu tidaknya peliputan
4. Memilih cara peliputan
Adapun cara peliputan aspirasi masyarakat dapat dilakukan dengan cara :
1. Wawancara
2. Angket atau sensus
3. Pengamatan
4. Penyelidikan
5. Penelitian
6. Temu wicara
7. Polling

Dikutip dari Blog

Cinta Cuma Satu

Kini Aku Telah Dewasa
Lambat laun aku mulai mengerti
Apa itu Teman
Apa itu Sahabat
Apa itu Pacar
Sampai Ku mampu membedakan
apa itu suka
apa itu sayang
apa itu cinta
Hari-hariku dilalui dengan keenamnya
teman selalu ada dalam setiap derap langkahku
sahabat menemaniku dan selalu ada
di setiap hidupku
dikala ku suka ataupun duka
hingga kini ku dewasa ku mulai tahu dan
aku mulai mengerti apa itu pacar
setiap detik teringat akan dia
karena pacar selalu ada dalam waktuku walaupun berada jauh sekalipun
semua itu , mulai teman, pacar dan sahabat selalui dibumbui
dengan perasaan suka, sayang, kangen bahkan cinta
walaupun kadarnya berbeda
Kini ketika ku beranjak dewasa
cerita cinta mulai bermunculan
kata demi kata baru mulai ku kenal
mulai dari kesetiaan, ketulusan benci dendam, amarah, hingga mendua ataupun selingkuh
awalnya ku tak mengerti itu semua, lamban laun ku mengerti semua
seraya ku memiliki cinta,
tapi , ketika ku memiliki pujaan hati, selalu saja banyak godaan, selalu saja ada yang selalu ku takutkan dan itu terjadi
aku menginginkan yang lain yang ku temui lebih indah darinya,
apakah ini hanya godaan tuk meguji kesetiaanku, ataukah ini terjadi karena aku telah bosan bersamanya
aku sendiri tidak tahu
kadang aku berfikir, kalau tuhan menganugerahi kita perasaan cinta yang begitu banyak
mengapa cinta itu hanya diperbolehkan dan diberikan hanya kepada 1 insan.mungkin kini aku baru mengerti cinta yang hanya ku pertanyakan. karena aku belum mengerti sebenarnya, apakah cinta itu memunyai jenis, dan bermacam-macam, apakah cukup satu,
kadang aku muak mendengar
"jika anda mempunyai kasih sayang berilah kepada semua orang, tapi cinta berilah kepada hanya 1 orang"
mengapa mesti satu orang
apakah aku harus bertanya seperti itu
apakah aku harus mencari penjelasan dari pertanyaanku
apakah aku egois
apakah aku belum faham
sebenarnya seperti apakah diriku dalam arti cinta
mengapa aku bertanya dan selalu bertanya
KENAPA CINTA ITU CUKUP SATU ?


Chat with use her name

31 Mei 2010
hahahaha...gila ..mana gw tau bahasa cika di chat kaya gimana
tiba-tiba mia chat ma w waktu gw buka fb cika y lom di log out bekas dibuka sebelum"nya. ya w ladenin pake nama cika walaupun chat gw beda banget sama cika. tp untungnya mia lom pernah chat ma w, jadi bisa di bodo" in dikit.

ni sekilas chat w sama mia, pake fb cika

Mia 'famos'

Heh u dmana?

1:17amMe

dmn we

1:18amMia 'famos'

Calank. . . .
Ol dmana u?

1:18amMe

d rumh k stephi

1:18amMia 'famos'

Pret, , ,

1:19amMe

am serius nyaho

lum tidur lo

1:20amMia 'famos'

Blund.
Td pgn minum. Jd kbangun.

Ngpain drmh k step jam sgni?

1:20amMe

maen weh

minum ke dapur

bkn ol

1:20amMia 'famos'

Ah ni mah bkn ktika chat u.

1:21amMe

gila lo

1:21amMia 'famos'

Minum'y udh

1:21amMe

aya" wae

1:21amMia 'famos'

Ya suw w ol weh

1:21amMe

teu sare mi

1:21amMia 'famos'

Ia x.
Ni bkn ktikan u

Sangeuk

1:22amMe

g jg

w lg sm dy

w bete mi

1:22amMia 'famos'

Ngpain? ? ?
Ga eling.
Jam brapa ni ceu?

Knpa?

1:23amMe

biasa lah

rieut w

sama c rama

1:24amMia 'famos'

Ko bs gt?
So knpa jd lari k k step?

1:24amMe

dy enak diajak curhat

tp dy mah mlh tidur

prah kan

1:24amMia 'famos'

Owh gt. . .
Hah, w yaqn ni bkn syska

1:24amMe

hahaahahaha

heheheheh

hohohohoh

1:25amMia 'famos'

Truz u skrg dmana?

1:25amMe

siapa lg atuh

d rumh k steph

1:25amMia 'famos'

Mana w tw.

Mau ngbodo2in w.
Ga prcya w

1:25amMe

sialan w ditinggal sendiri

kalo w bkn syska, siapa lg

1:26amMia 'famos'

Ath sare we u jg

1:26amMe

malay w

1:26amMia 'famos'

Mana w enyoy

1:27amMe

meneke enyony

1:27amMia 'famos'

Malay nape?

1:27amMe

hahahaha

w sendrian dsini

1:27amMia 'famos'

Calank ich

1:27amMe

bete

lo y calank

1:27amMia 'famos'

Titadi bete bete wae

Hahaha
ni bkn sys

1:28amMe

terserah u dech

alay wae maneh mh

1:29amMia 'famos'

Ya mank trserah w x nyonx

1:29amMe

mana mw gw ksh pass ma orang

1:29amMia 'famos'

Rek alay rek eley, rek oloy, up 2 me meureun

Gmana u ma tebe?

1:30amMe

biasa ja tuh.

ngambek 2x

dy sms

1:31amMia 'famos'

Heh? ?
Biasa?
Ieu geh biasa wae meureun. . .
Saha nu ngambek. . .
Ich peddde gila

1:31amMe

"lo sakitin gw 2X ,berhasil"

1:31amMia 'famos'

Mksd'y?

1:31amMe

mksd gw y ngambek tuh si tebe

g nymbung

1:31amMia 'famos'

Owh. . . .

Hehehehe. . .
So?

1:32amMe

biasa ci

spele

aink rieut mi, hayang balik

1:32amMia 'famos'

Tw w jg.

Balik weh

Tinggal nyetop mbl

Ah w tw. .
U tak mungqn d rmh k step.
V laptop k step yg ngnp d rmh u

1:33amMe

haha

g mungkin mi

lo tw x

step g mungkin bs ninggalin laptop'n


hahahahahah


lucu kan, akhirnya anak dewasa kaya mia gw kerjain juga.mi sorry ya, kalo lo baca curhat w di blog nie jangan ngambek ya, kidding doank me, abis bete kaka juga ga da maenan, eh untung ada mia, jadi sedikit dijadiin permainan,,,,,hahahaha "ALAY MODE OFF"

udah ah mau tidur,,,bye2



KIDDING MODE LUCU

Septian Maulana. Diberdayakan oleh Blogger.

Stephanie VERSUS Cika famouss

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons