music mY bl0g

Senin, 06 Juni 2011

Bermain bersama Pramuka

“Kita adalah anak-anak luar biasa. Tetaplah bermimpi dan berkarya. Sebab suatu saat cita-cita kita PASTI menjadi nyata.” Sebait kalimat yang kusuka, ditulis pada selembar kertas. Sebelum akhirnya melayang di udara.

Harus kuawali untaian cerita ini dengan perkenalan. Aku anak pramuka yang terdaftar sebagai tamu racana di UPI. Berniat mengadakan kegiatan yang menarik. Karena kami sadar, dari tahun ke tahun mengalami kemunduran dalam hal perekrutan. Juga ingin melunakkan stereotip, bahwa pramuka sangar dan tidak bersahabat.

Anak-anak masa kini adalah pemuda masa depan. Karena itulah kami bermaksud mendekati kawan-kawan yang belia. Tujuan even kali ini adalah mengingat kembali permainan tradisional. Jika bertanya apa relasi antara keduanya, awalnya sulit menjawab. Tetapi ada sebuah benang merah yang dapat disimpulkan.

Permainan tradisional sudah hampir punah, sangat sulit ditemukan. Anak-anak lebih asyik berolahraga di depan layar komputer dan playstation. Menunjukkan ego masing-masing, enggan bersosialisasi dengan kawan-kawannya. Padahal dalam permainan tradisional, tidak ada satu permainan pun yang tidak membutuhkan kawan. Sehingga kekerabatan akan sangat kentara dalam menjalani kehidupan. Begitu pun dengan kepanduan ini. Banyak orang mulai meninggalkannya. Dan mungkin beberapa puluh tahun lagi tunas kelapa hanya akan menjadi sejarah dan kenangan indah.

Semoga saja dengan diadakannya kegiatan ini, akan menjaring kawan-kawan kecil di tingkat penggalang lebih antusias dalam menjalani kehidupannya di kepanduan. Program ini sederhana. Melakukan atraksi permainan tradisional di setiap pos yang disediakan pada saat penjelajahan.

Hari-H pun tiba. 26 peserta hadir saat apel pembukaan. Itu dari 2 sekeloah. Padahal kami mengundang 3 sekolah. Setelah menunggu beberapa jam, akhirnya SD KPAD mengirimkan seluruh pasukan penggalangnya. Lebih dari 150 siswa didampingi 3 pembantu pembinanya. Mental yang tadi hampir punah beralih menjadi shock berat. Jumlah panitia tak lebih dari 30 orang, tetapi harus melayani adik-adik penggalang yang jumlahnya mendekati angka 200.

Semua peserta berbaris menunggu giliran mencari jejak langkah. Pos pertama disediakan rantai karet gelang. Rintangannya harus melompati rantai yang membentang sembari bermain “yeye”. Tentunya dengan seragam pramuka lengkap. Laki-laki pun tak luput. Mereka harus melewatinya sambil lompat tinggi. Tampak raut muka bahagia seusai mereka meghadapi aral melintang.

Pos kedua dan ketiga tidak kalah menarik. Lagu yang disediakan harus dinyanyikan dengan gerakan yang sesuai. Pos kedua mendendangkan “mie mie mie mie”. Sedangkan pos selanjutnya berjudul “perepet jengkol”. Tawa bahagia dari mereka menghiasi setelah berhasil melakukannya. Pos selanjutnya adalah permainan tongkat. Mereka harus masuk ke celah-celah yang ada ketika empat kawannya menghentak-hentakkan tongkat membuat irama.

Selanjutnya adalah pos terakhir. Di mana fasilitator permainannya aku. Kawan-kawan yang telah datang diminta beristirahat sambil menunggu peserta yang lain hadir. Setiap orang diberi selembar kertas dan aku memintanya untuk menuliskan harapannya masing-masing. Meskipun yang kutulis bukanlah harapan, melainkan kalimat yang kusuka. Lantas membuat origami tradisional, berbentuk pesawat terbang. Semua sudah hadir dan siap menerbangkan asa. Aku teriakkan aba-aba agar kami serempak menerbangkannya.

“Satu, Dua, TIGAAA”

Kami bersamaan melepaskan pesawat kertas. Semuanya terbang tinggi, harapan kami melayang. Berkelok-kelok berjalan mengikuti arah angin. Lama mereka di udara, sebelum akhirnya jatuh ke tanah.


Biodata Penulis.

Nama Asli : Mukodas

Nama Pena : Sinatrya Mayapada

Tempat, tanggal lahir : Bogor, 14 05 1990

Alamat sesuai KTP : Kp cibeber IV ds. Cibeber 2 Rt 02/02 leuwiliang Kab bogor 16640

Alamat surat :gg gegersuni 1 no 43 B.

jln. gegerkalonggirang kec. sukasari kota Bandung.

45153

Email :sinatrya.mayapada@gmail.com

Fb : Oms Mukodas Sinatryamayapada

No telp : 08997011089

0 komentar:

Posting Komentar

Septian Maulana. Diberdayakan oleh Blogger.

Stephanie VERSUS Cika famouss

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons